cari dan telusuri yang ingin anda cari disini

Custom Search

Minggu, 19 Juli 2009

Benarkah harga seekor tokek bisa mencapai 50 juta per ekor ?

Akihr-akhir ini di kota Makassar beredar rumor bahwa beberapa pengepul sedang berusaha mencari dan mengumpulkan serta mencari tokek yang beratnya lebih dari 3 ons untuk dibeli seharga Rp. 40 juta per ekor (lihat foto2 tokek besar), bahkan ada yang berani membelinya dengan harga setengah milyar jika ada yang beratnya mencapai 1 kg perekor( baca: bukan per kilo)
, berapapun adanya atau sejumlah apapun ada yg beratnya > 3ons, akan dibelinya demikian beberapa kalimat meluncur dari beberapa orang.
Menurut literatur, tokek atau sering disebut gecko yang berusia dewasa maksimal panjangnya adalah 25 cm dan berat maksimalnya adalah 2,3 ons saja. Jika seekor tokek tertangkap maka jika dia kena cahaya terus menerus, maka berat bobot tubuhnya akan menurun drastis, jadi bagi anda yang hobi menangkap tokek,bahkan berburu yang beratnya diatas 3 ons, buatlah tempat penampungan yang kedap cahaya. Cukup diberi makan serangga ( mis: jangkrik hidup) sehari sekali. Kemudian segera cari sampai dapat itu pembeli tokek. Apakah memang benar ada yang berani membeli dengan harga tinggi?. dan sebenarnya untuk apakah tokek itu dibelinya, anda harus fikirkan dahulu sebelum menangkap tokek. Terutama rsionalkah hal tsb, masuk akalkah hal tsb?.
Yang benar, ada di pulau Jawa memang ada pemburu tokek yang rajin mengumpulkan dan menjualnya kembali, dia saat ini sudah sukses dari segi financial, itupun tokeknya diawetkan dulu dg cara dijemur lalu dijual perkilo lalu di ekspor ke hongkong, china, taiwan untuk keperluan bahan baku obat tradisional alternatif untuk anti biotik dan kosmetik.
Namun ada juga yang beranggapan bahwa tokek yang sudah mencapai lebih dari 3 ons dapat menghasilkan lendir di lidahnya yang bermanfaat bagi melawan suatu penyakit, namun kenapa tokek yang kecil gak bs menghasilkan lendir? knp org selelu cari yg besar sj?. Ada juga yang menyampaikan bahwa bagian tubuh tokek yg dipakai utk pengobatan adalah empedunya atau otaknya, namun entahlah... penelitian di dalam dan luar negeri belum ada yg secara terbuka menyampaikan hal tersebut
Ada juga yang beranggapan bagian tubuh tertentu dari seekor tokek dapat mengobati penyakit tertentu, namun kenapa jika bagian tubuh tokek yang kecil tidak dapat digunakan utk mengobati penyakit?,sedangkan yang dicari selalu yang lebih besar dan lebih berat dari 3 ons ? khan anatomi tubuh yang kecil dan besar sama......
ah ada ada saja ...ah
Namun jika anda mau serius menggemukan tokek , maka anda harus memilih bibit tokek terlebih dahulu, yaitu yang lebar kepalanya lebih besar dari dua jari tangan anda, kemudian ekornya utuh tebal, gemuk dan simetris. pilihlah yang warna otolnya merah tua atau coklat tua, krn yang seperti itu yang jantan dan bisa besar, jangan piara yang betina.
nah.... untuk makanannya seperti biasa berikan serangga yang biasa dimakan oleh cecak dengan pemberian waktu pakan yang teratur dan dengan selang waktu yang teratur pula.

Untuk pembuatan kandang, buatlah kandang hanya untuk satu ekor tokek saja dengan ukuran maksimal 40x40x40 cm, dibuat demikian agar tokek tdk banyak bergerak n habiskan energinya tuk bergerak.

Tips n triks agar tokek dapat cepat besar,
berikan makanan kesukaannya yaitu jangkrik hidup atau serangga lainnya
tp sebelumnya di cemplungkan ke dalam Minyak ikan (atau boleh juga isi dalam telur puyuh)untuk mendapatkan protein tinggi.
setelah diolesi cairan td, jangkrik tersebut di gulingkan2 dalam obat serbuk penggemuk ayam bangkok atau ayam pedaging (bs beli di toko ternak), lalu berikan ke tokek, dengan cara digerak2an agar menarik perhatian tokek.
Catatan : buatlah jadwal makan dg jangka waktu yang cukup agar rasa laparnya tetap terjaga, n tokek tdk bosan untuk makan.
Untuk cepat besar dan gemuk, anda dapat pula menjejali atau menyuapi paksa tokek tersebut dengan makanan kesukaannya (anda memakai sarung tangan), namun hal ini akan menyebabkan gerakan tokek jd lambat n malas , shg terkesan tdk sehat.

Tidak ada komentar: