cari dan telusuri yang ingin anda cari disini

Custom Search

Jumat, 28 November 2008

Cara menguji ada tidaknya sinar-x

Cara menguji ada tidaknya sinar-x keluar dari pesawat Rontgen

Kadang seorang teknisi pesawat rontgen, sebelum mengerjakan perbaikan pesawat Rontgen tersebut perlu menguji kondisi pesawat tesebut. Dapat juga menguji dengan cara
mengexpose langsung sebuah obyek yang diletakkan pada film rontgen dalam sebuah cassette yang biasa dipakai untuk pemeriksaan pasien, di kemudian dicuci dikamar gelap. Jika sinar-X memang ada, maka terdapat gambaran pada film tersebut setelah dilakukan pencucian.
Namun cara tersebut makan waktu dan menghabiskan bahan material film, cara yang praktis adalah dengan mengexpose pada sebuah cassete kosong yang kita buka lebar-lebar terbuka yang didalamnya ada Intensifyng Screen (IS). Lakukan expose diruangan yang digelapkan (matikan semua lampu yang ada di runagn tersebut. Ketika cassette diexpose maka Insenfyng screen akan berpendar memantulkan cahaya biru kehijauan. Itulah tandanya ada sinar-X. Hal ini bisa terjadi karena bahan IS terbuat dari fosfor yang jika dikenai sina-X maka akan berpendar. Hakl yang sama juga dapat terjadi apabila sinar-x mengenai tabir atau layar Fluorescene.

Tidak ada komentar: