cari dan telusuri yang ingin anda cari disini

Custom Search

Senin, 03 November 2008

profil RS Pelamonia


PROFIL RUMAH SAKIT TK.II PELAMONIA

Rumah Sakit Tk.II Pelamonia merupakan Rumah Sakit TNI-AD yang merupakan unsur pelaksana Kesehatan Angkatan Darat, dengan tipe / tingkat II di lingkungan TNI-AD.
Rumah Sakit Tk.II Pelamonia sebagai badan pelaksana di bidang kesehatan di lingkungan Kodam VII/Wrb mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi prajurit TNI, PNS beserta keluarganya yang berhak di jajaran Kodam VII/Wrb. Selain itu Rumkit Tk.II Pelamonia juga menyelenggarakan pelayanan kesehatan terhadap penderita umum dengan memanfaatkan kapasitas lebih yang dimiliki untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum yang ada di sekitar Makassar dan Sulawasi selatan pada umumnya. Selain Rumah Sakit Pelamonia juga sebagai pusat rujukan bagi penderita dari Kawasan Timur Indonesia, diharapkan memilki kemampuan pelayanan teknis lengkap dan memadai.
Untuk perwujudan pelayanan kesehatan yang lebih baik, perlu dilakukan kegiatan yang terarah sesuai dengan kebijaksanaan pimpinan Kesehatan Kodam VII/Wrb baik menyangkut pembinaan fungsi organik maupun fungsi tehnis.

2. Sejarah Singkat.
Rumah Sakit Tk.II Pelamonia dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1917 dan disebut Militaire Hospital. Pada waktu penyerahan kedaulatan Republik Indonesia pada tahun 1950 Militaire Hospital diserahkan pada TNI-AD dan diubah namanya menjadi Rumah Sakit Tentara Teritorium VII.
Pada tanggal 1 Juni 1957 dengan berubahnya TT VII menjadi Komando Daerah Militer Sulawesi Selatan dan Tenggara (KDMSST) yang kemudian berubah nama menjadi Kodam XIV Hasanuddin, maka Rumah Sakit pun berubah nama dari RST TT. VII menjadi Rumkit KDMSST kemudian menjadi Rumah Sakit Kodam XIV/Hn “Pelamonia”. Dan kini dikenal dengan nama Rumkit Tk.II Pelamonia
Secara tehnis medis Rumkit Tk.II Pelamonia dibawah pembinaan Kesehatan Daerah Militer (Kesdam). Kesdam dan Rumah Sakit sesuai DSPP berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat nomor KEP / 76 / X / 1985 tanggal 28 Oktober 1985.
Pada tahun 2004 mengalami perubahan (validasi) organisasi berdasarkan Keputusan Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat nomor: Kep / 69 / XII / 2004 tanggal 24 Desember 2004 tentang Organisasi dan Tugas Kesehatan Komando Daerah Militer (Orgas Kesdam).

3. Peranan Rumkit TNI-AD
Rumah Sakit TNI-AD adalah fasilitas kesehatan TNI-AD yang menyelenggarakan upaya kesehatan untuk mendukung tugas pokok TNI-AD dengan berperan sebagai berikut:

a. Membina kesehatan prajurit dan PNS serta membina aspek kesehatan satuan-satuan TNI diwilayahnya sehingga selalu siap tugas.
b. Membina kesehatan keluarga Prajurit dan PNS sehingga mencapai derajat kesehatan yang optimal, terayomi.
c. Memberikan pelayanan kesehatan bagi prajurit, PNS dan keluarganya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan personel.
d. Melaksanakan fungsi sosial dengan mengadakan penyelenggaraan pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum, dalam rangka pemanfaatan kapasitas lebih Rumkit , tanpa mengabaikan pelayanan kesehatan bagi pasien yang berhak.

4. Tupok Rumkit
Tugas pokok Rumkit adalah menyelenggarakan pelayanan kesehatan, dukungan kesehatan dan kesehatan matra dengan memberikan pelayanan medis umum, gigi, dan spesialis kepada prajurit TNI di wilayah dimana Rumah Sakit itu berada, sesuai dengan tingkatan Rumah Sakit masing-masing.
Rumah Sakit Tk.II Pelamonia memberikan pelayanan kesehatan kepada personel Militer, Pns beserta keluarganya yang berhak, baik personel Satpur, Banpur dan Banmin di jajaran Kodam VII/Wrb.
Rumah Sakit Tk.II Pelamonia sebagai Badan pelaksana Kesdam VII/Wrb mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi Prajurit TNI dan Pns beserta keluarganya di jajajaran Kodam VII/Wrb. Selain itu Rumah Sakit Tk.II Pelamonia juga melayani penderita rujukan dari Kodam XVII/Trikora dan Kodam XVI Pattimura, serta pelayanan kesehatan masyarakat umum bagi masyarakat Makassar.

5. Fungsi Rumkit
Guna mencapai tugas pokok kesehatan, Rumah Sakit TNI-AD melaksanakan fungsi-fungsi:
a. Fungsi pelayanan Unit Gawat Darurat.
b. Fungsi pelayanan Medis/spesialistik.
c. Fungsi pelayanan Penunjang Medik.
d. Fungsi pelayanan Rahab Medik.
e. Fungsi pelayanan Rawat Inap.
f. Fungsi pelayanan Rawat Jalan.
g. Fungsi pelayanan Kefarmasian.


a. Motto.
b. Visi :
c. Misi : .

9. Lokasi
Rumah Sakit Tk.II Pelamonia terletak dipusat kota, termasuk dalam wilayah Kodim 1408/BS. Bangunan Rumkit Tk.II Pelamonia yang digunakan saat ini mempunyai luas bangunan 20.955 M2 menempati areal seluas 28.544 M2 dan di operasionalkan sejak1986. meliputi bangunan perkantoran dan penunjang umum, dan Komplek perumahan anggota yang dihuni 12 KK, sedangkan bangunan rawat jalan / Poliklinik, Laboratorium dan Apotik masih menggunakan bangunan lama.
10. Kondisi Fisik
Bangunan Rumkit Tk.II Pelamonia terdiri dari bangunan untuk perawatan mondok dengan kapasitas 420 tempat tidur yang meliputi bangunan perkantoran dan penunjang umum. Sedangkan bangunan rawat jalan/ poliklinik, Laboratorium dan apotik masih menggunakan bangunan lama.
Bangunan Rumkit Tk.II Pelamonia terdiri dari :
Gedung utama, 4 lantai terdiri dari:
- Ruang perawatan inap (Ruwatnap);
- Ruang ICU/ICCU
- Instalasi Kamar Bedah
Gedung V.V.I.P
Gedung VIP &(Ruwatnap VVIP)
Gedung Ruang IX,
ruang anak :
Gedung Obsgyn & Radiologi:
Ruwatnap Nifas
Ruang Radiologi (X-Ray)
Gedung Kebidanan :
Kamar Bersalin
Poliklinik
Ruang perawatan inap
Gedung: UGD
Gedung :Poliklinik
Gedung: Laboratorium
Gedung Instalasi Farmasi
Gedung Jangwat;
Instalasi Gizi
Laundry
Rumah Duka / kamar jenazah.

KEMAMPUAN RUMAH SAKIT

12. Pelayanan Rawat Jalan
Pelayanan rawat jalan poliklinik yang dilaksanakan Rumkit Tk.II Pelamonia meliputi poliklinik gigi dan poliklinik spesialis yang masing-masing dikoordinir oleh Para Kainstalasi dan Kasubdep sesuai keahliannya. Guna mewujutkan pelayanan yang cepat, baik, lancar beberapa kegiatan dilaksanakan meliputi:

a. Tetap mengoptimalkan poliklinik spesialis.
b. Terus-menerus tetap mengoptimalkan pemanfaatan obat-obatan produksi Lafiad untuk pengobatan pasien aktif anggota TNI, PNS dan keluarganya yang berhak.
c. Mengoptimalisasikan peralatan-peralatan yang sudah ada untuk mendukung kelancaran pelayanan rawat jalan / poliklinik.
d. Tetap memberikan perhatian untuk pemeliharaan terhadap peralatan yang baru.

Adapun jenis pelayanan rawat jalan yang ada di Rumkit Tk.II Pelamonia sbb :
1. UGD 24 jam.
2. Poliklinik Gigi dan Mulut.
3. Poliklinik Kesehatan Anak.
4. Poliklinik Kandungan dan Kebidanan.
5. Poliklinik Penyakit Dalam.
6. Poliklinik Jantung & Paru
7. Poliklinik THT
8. Poliklinik Bedah
9. Poliklinik Mata
10. Poliklinik Saraf
11. Poliklinik Jiwa/psikiatri
12. Poliklinik Kulit Kelamin,
13. Poliklinik B.K.I.A
14. Poliklinik Keluarga Berencana
15. Poliklinik Bedah Saraf
16. Poliklinik Orthopedi
17. Poliklinik Urologi
18. Poliklinik Eksekutif
19. Poliklinik VCT/CST (HIV/AIDS)
20. Rehab Medik (Pol. Fisioterapi & Orthotik prosthetic)
21. Radiologi
22. Laboratorium klinik.

13. Pelayanan Rawat Inap
Pelayanan rawat inap yang ada dan dilaksanakan Rumkit Tk.II Pelamonia sbb:

1. Perawatan penyakit dalam.
2. Perawatan penyakit Jantung dan Paru.
3. Perawatan penyakit bedah (bedah umum, urologi, orthopedi, bedah saraf)
4. Perawatan penyakit anak.
5. Perawatan penyakit jiwa.

6. Perawatan ketergantungan obat-obatan/ Narkoba
7. Perawatan penyakit THT
8. Perawatan penyakit Kulit dan Kelamin
9. Perawatan penyakit saraf
10. Persalinan dan penyakit Kandungan

Semua jenis tindakan perawatan dilaksanakan oleh dokter spesialis yang ada di Rumkit Tk.II Pelamonia. Setiap anggota TNI/PNS yang dirawat akan ditempatkan sesuai dengan kepangkatannya, dan bagi masyarakat disesuaikan dengan kemampuan/permintaan dari pasien yang bersangkutan. Jumlah tempat tidur yang tersedia sebanyak 420 buah.

14. Pelayanan Penunjang
Pelayanan penunjang yang tersedia guna membantu dalam pemeriksaan, penegakan diagnostik serta terapi, antara lain :
a. Radiologi : dengan jenis pemeriksaan yang dapat dilayani sbb:
1) CT Scan 3 Dimensi
2) ESWL
3) EEG/EKG
4) Treadmill
5) Rontgen
6) C Arm (Surgical X Ray)
7) Digital Colour USG
8) Endoscopy
9) Arthroscoy
10) Echo Cardiography
11) USG, dan lain-lain yang menunjang pemeriksaan/diagnosa dokter

b. Laboratorium :
berbagai Jenis pemeriksaan yang dilayani :


15. Pelayanan Khusus
General Medical Check-Up bagi perorangan maupun instansi, Rehabilitasi ketergantungan Narkoba, sarana lengkap persemayaman jenazah (rumah duka) dengan ruangan yang luas, aman, tenang dan fasilitas tempat parkir yang luas.

29 komentar:

Anonim mengatakan...

boleh g dicarikan nama2 dokter jaga UGD d pelamonia?
thanx

udin mengatakan...

mksh atas respon anda, anda bisa meminta atau melihat daftar dokter jaga UGD kepada Ka UGD dengan terlebih dahulu menyampaikan alasan atau tujuan kepentingan anda tuk mendapatkan nama dokter jaga UGD tsb, karena jadwal tersebut berlaku internal saja.

Ghita mengatakan...

terimakasihh..
buat tulisannya
saya lagi menyusun skripsi dan memakai RS. PELAMONIA sebagai objek penelitian.. dengan tulisan anda.. saya jadi merasa terbantuu.. :)

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

dari admin untuk @ anonim anda bs tanya info ke kaurpers rumkit. jika ada CPNS yang terangkat maka akan diganti dg tenaga sukarela yg baru mendaftar.
makasih atas responx

Anonim mengatakan...

apa ada lowongan untuk tenaga sanitarian??

marsuki mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
udin mengatakan...

@marsuki : silakan anda datang dan tanya ke bagian personalia (kaurpers)
, kami sedang persiapan untuk akreditasi 16 pelayanan termasuk didalamnya bidang sanitari, lingkungan hidup, K3, kesling dll, kami belum ada ahli madya atau setingkat diatasnya untuk menangani hal2 seperti tsb. mungkin Tim Pokja kami membutuhkan tenaga seperti anda. makasih atas responx

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

criterima kasih buat tulisannya,,,rencananya saya akan menyusun skripsi di RS Pelamonia..kehadiran tulisan ini sangat membantu untuk data awal saya

Anonim mengatakan...

ada lowongan kerja buat farmasi gak,?

Anonim mengatakan...

apa ada lowongan buat perawat???mohon konfirmasix....

Anonim mengatakan...

JENIS JAMINAN KESEHATAN APA SAJA YANG BISA DI PAKAI DI RUMKIT PELAMONIA ??

Anonim mengatakan...

ada dokter spesialis bedah mulut tidak ya?

roy didiet Irawan mengatakan...

mau nanya, Asuransi apa saja yang berlaku di RS. Pelamonia Makassar ?

apakah Asuransi ALLIANZ berlaku di RS. Pelamonia Makassar ???

alat antrian mengatakan...

Kami menyediakan alat mesin antrian, alat survey kepuasan pelanggan, dan digital signage. informasi hubungi 085736068227 / http://mesinantrianotomatis.blogspot.com

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

klo ada lowongan kerja untuk lulusan A1 farmasi tlg call me d no ini 082379048801.

udin mengatakan...

bagi anda yg bertanya ttg lowongan kerja di RS pelamonia, silakan anda datang n tanyakan langsung ke Kaurpers. terimakasih

shy_ mengatakan...

di rs pelamonia ada klinik deteksi dini kanker serviks gak?

Anonim mengatakan...

@shy : poliklinik khusus kanker serviks belum ada, namun anda bs memeriksakan diri utk mengetahui serviks anda menderita kanker atau tidak dengan pemeriksaan lenglkap oleh dokter kandungan dan dokter patologi anatomi di RS Pelamonia

Hijriah Zahra mengatakan...

Aduh bisa itu pelayanan nya pelamonia kaya pertamina yg 3S. Apalagi itu suster yg di kartu kesetanan semua, di tanya baik2 jawab nya nyolot. Suruh periksa ke jiwa itu atau keluarkan sj. Merugikan negara, mereka di bayar bkn u/ melampiaskan emosi nya ke pasien.

Hijriah Zahra mengatakan...

Oh iya berlakukan juga sistem pengawasan di setiap lantai. Banyak sekali anak2 di bawah umur 12 lalu lalang. Mengganggu. Jgn hanya tulisan tp tindakan jg

udin mengatakan...

utk Hijriah Zahra, trmksih atas komen n sarannya, sebaiknya anda sebutkan data2 ttg tgl kejadian, jam brp n nama petugas yg kesetanan tsb, shg kami bs mengambil tindakan perbaikan thdp yg bersangkutan

Teguh Budi mengatakan...

ada Rincian biaya rawat inapnya gak,tolong di tampilin dong. Please!!!

udin mengatakan...

utk Teguh Budi :
Rincian biaya tawat inap tergantung kelas perawatan, jenis penyakit, tindakan dan obat2an yang diberikan. jk anda sedang dalam proses rawat inap anda bisa meminta rincian biaya harian rawat inap kepada kepala ruang perawatan, shg anda bisa tahu sdh seberapa banyak biaya yang sdh dikeluarkan pihak RS utk merawat anda sampai dengan hari itu

Triady Ramlan mengatakan...

Maaf pak dmna sya bsa mendapatkan informasi biaya pemeriksaan orto dan medical checkup perorangan terima kasih

udin mengatakan...

utk Triady Ramlan :
yg dimksd pemeriksaan orto, apakah ortophedy atau ortodonty ?
kalo utk ortophaedy anda bisa tanyakan ke kamar operasi atau tanya ke dokter supriyadi, kalo utk ortodonty cb anda tanyakan ke petugas poliklinik gigi.
utk tarif biaya check up perorangan anda bisa hub ibu dewi di bagian yan med.

Anonim mengatakan...

apa nama faskes pertama di pelamonia